EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENGUASAAN MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII MTs N KLIRONG TAHUN 2012
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penguasaan materi siswa menggunakan pembelajaran CIRC dengan pendekatan PMR lebih baik dibanding pembelajaran konvensional materi segitiga pada siswa kelas VII semester II MTs N Klirong Tahun 2012. Populasi penelitian ini siswa kelas VII MTs N Klirong tahun 2012 sebanyak 8 kelas, dengan Cluster Random Sampling didapat kelas 7.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dengan = 5%, kedua kelas sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dengan = 5%, kedua kelas tersebut mempunyai variansi populasi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 5%, diperoleh dan ttabel = 1,645, maka tobs ≥ ttabel, sehingga H0 ditolak, ini berarti penguasaan materi siswa menggunakan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan PMR lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi segitiga siswa kelas VII semester II MTs N Klirong tahun 2012.
Kata-kata Kunci: CIRC, PMR, segitiga, penguasaan materi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v1i1.293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.